MATERI SENI BUDAYA SEMESTER GANJIL
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Musik)
Hari,Tanggal : Rabu, 26 Oktober2022
Kelas : 9B - Jam Ke 1-3
9A- Jam ke 4-6
Materi : Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup
KD : 3.2. Memahami teknik pengembangan
ornamen ritmis maupun melodis
lagu dalam bentuk kelompok vokal.
Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan
berkreasi seni musik, yaitu
- Menganalisis ciri-ciri vokal grup
- Mendeskripsikan tahapan aransemen vokal
berdasarkan pembagian peran
- Menentukan lagu populer yang akan digubah
- Melakukan aransemen atau mengembangkan
aransemen lagu menjadi konsep vokal grup
Assalamualaikum wr wb,
Tabikpun, Apakabar anak-anak ibu yang sholeh dan
sholeha,semoga kalian dalam keadaan sehat wal'afiat
Aamiin yra👐
Sebelum kita mulai kegiatan pembelajaran, ibu hanya
sekedar mengingatkan semoga kaliah sholat subuh
dengan tepat waktu dan semoga sholat duha juga
bisa dilaksanakan dengan semangat, agar kita
selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT.
Baiklah anak-anak, mari kita awali dg mengucapkan
basmallah "Bismillahirrahmanirrahiim".
Pertama-tama ibu ucapkan selamat berjumpa lagi dengan
pelajaran seni budaya, semoga kalian senang dan semangat
yang akan di sampaikan nanti. Aamiin yra👐
Materi seni budaya hari ini seni musik yaitu
"Lagu Populer Dalam Sajian Vokal Grup"
Konsep menyajikan lagu secara vokal grup.
1. PENGERTIAN VOKAL GRUP
Vokal Grup adalah kumpulan beberapa penyajian
yang tergabung dan menyajikan lagu dengan
ketinggian suara yang berbeda.
CIRI-CIRI VOKAL GRUP
-Vokal grup terdiri dari 3 sampai 10 orang penyanyi
- Aransemen vokalnya bebas, dan dalam membawakan
lagu bisa lebih ekspresif
- Menggunakan improvisasi yang dominan
- Bisa diringi musik bisa juga tanpa musik (Acapella)
ARANSEMEN VOKAL
Salah satu ciri vokal grup adalah adanya aransemen
llagu yang tentunya akan berbeda dari melodi aslinya
Aransemen lagu ini dapat dilakukan dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a. Mencari melodi utama dari lagu yang sudah dipilih,
sumbernya bisa dari format Mp3, CD atau partitur lagu
b. Mencari akord atau harmonis
c. Memecahkan suara yaitu suara 1, 2, 3 ini sangat erat
hubunganna dengan susunan tangga nada Do : C
dan diperlukan pengetahuan tentang akord.
d. Memberi nada untuk setiap suara sopran, mezosopran
alto, tenor bariton, bass.
e. Improvisasi atau membuat variasi nada untuk lebih menarik
AKORD yaitu kumpulan 3 nada atau lebih yang dimainkan
secara bersama atau serentak dan terdengar harmonis.
contoh alat musik yang bisa untuk memainkan akord adalah
Gitar, Piano, Orgen ataupun elektone.
Tugas hari ini
- Membuat Akord trinada tingkat 1 sampai tingkat 7
Demikian materi yang disampaikan, pertemuan rabu depan
dilanjutkan lagi.Baiklah anak-anak, kita tetap berdo'a semoga
diberi kesehatan, keselamatan dan sukses selalu.
Aamiin yaa rabbal'alamiin.
SELAMAT BELAJAR SEMOGA KALIAN SEHAT &
SUKSES SELALU. AAMIIN YRA👐
Tidak ada komentar:
Posting Komentar