Selasa, 01 September 2020

Materi Pembelajaran Menggambar Ragam Hias


               Menggambar Ragam Hias

Hari/ Tanggal  : Selasa, 1 September 2020

Kelas               :  7 A, C, D

Kompetensi Dasar: Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometris menjadi ragam hias.

Assalamu'alaikum wr wbSebelum kita mulai kegiatan pembelajaran, mari kita awali dengan membaca basmallah.Bismillahirrahmanirrahiim...dan membaca do'a belajar.

Bagamana kabarnya Anak-anakku semuanya...,semoga selalu dalam keadan  sehat walafiat.Aamiin yra .Pada pertemuan kali ini ibu akan mengingatkan kembali pelajaran yang lalu tentang prinsip,unsur-unsur seni rupa, komposisi seni rupa dalam gubahan flora,fauna, dan bentuk geometris menjadi ragam hias.Baiklah anak-anak yang dimaksud dengan gambar komposisi adalah susunan unsur-unsur seni rupa yang menjadi satu kesatuan yang harmonis.Yang perlu di pahami dalam menggambar tentang unsur-unsur seni rupa yaitu ada 6 dan prinsip seni rupa ada 4 dan ibu juga mau melanjukan  tentang gambar ragam hias bagian yang( D )Teknik menggambar ragam hias.Silahkan kalian baca dan pelajari materi di bawah ini selanjutnya kalian catat di buku yang penting-penting saja.Demikian materi yang ibu berikan pada hari iniJangan lupa kalian komertar di blog bu setia agustini, tulis nama, kls,hari ,tanggal. Selamat belajar, Trim's.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Di bawah ini akan dijelaskan unsur-unsur seni rupa dan contoh gambarnya lengkap meliputi titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur dan gelap terang.

1. Titik

unsur-unsur seni rupa titik

Titik adalah unsur seni rupa paling dasar. Titik berada pada dimensi 1 dan titik juga menjadi unsur paling kecil dalam membentuk garis, bentuk atau bidang. Bisa didefinisikan bahwa segala ide karya seni dimulai dari sebuah titik kecil.

2. Garis

Garis juga termasuk unsur seni rupa 2 dimensi. Unsur ini merupakan dari unsur titik-titik hingga membentuk sebuah garis. Sebuah garis memiliki dimensi memanjang dengan arah tertentu. Ada beberapa macam-macam garis seperti garis pendek, garis panjang, garis vertikal atau garis horizontal.

3. Bidang

Bidang adalah unsur seni rupa yang dihasilkan dengan menggabungkan beberapa garis hingga membentuk beberapa sisi. Bidang merupakan dimensi kedua yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Contoh bidang misalnya adalah persegi, segitiga, trapesium dan lain-lain.

4. Bentuk

Unsur-unsur seni rupa yang berikutnya adalah bentuk. Unsur ini membuat sebuah seni rupa menjadi lebih hidup dan dapat diamati sebagai karya seni yang utuh. Bentuk terdiri dari beberapa bidang. Ada beberapa jenis bentuk yakni bentuk geometris seperti kubus, balok, tabung atau bentuk non-geometris seperti manusia, hewan, alam

5 Warna

unsur-unsur seni rupa warna

Salah satu unsur seni rupa adalah warna. Warna membuat karya seni menjadi lebih hidup dan eksresif. Berdasarkan teori warna terhadap cahaya terdapat tujuh spektrum warna. Dalam teori warna seni rupa terdapat teori warna pigmen yaitu pengelompokkan warna sebagai berikut.

  • Warna primer yaitu warna dasar atau pokok yang tidak dapat diperoleh dari campuran warna lain, contohnya adalah merah, kuning dan biru.
    Warna sekunder yaitu warna yang dapat diperoleh dengan mencampur dua warna dasar dalam takaran tertentu, contohnya adalah oranye, ungu dan hijau.
  • Warna tersier yaitu warna yang dihasilkan melalui pencampuran warna sekunder.
  • Warna analogus yaitu deretan warna yang letaknya berdampingan dalam lingkaran warna, misalnya kuning kehijau-hijauan atau oranye kemerah-merahan.
  • Warna komplementer yakni warna kontras yang letaknya berseberangan dalam lingkaran warna, misalnya, kuning dengan ungu, merah dengan hijau dan lain-lain.

6. Tekstur

Tekstur juga termasuk salah satu unsur-unsur seni rupa 3 dimensi. Pengertian tekstur pada seni rupa adalah sifat dan keadaan permukaan bidang pada suatu karya. Tiap benda tentu memiliki tekstur yang berbeda-beda, meski ada juga yang hampir sama. Tekstur terdiri atas dua jenis yaitu nyata dan semu. Tekstur nyata adalah hasil karyanya dilihat dan diraba sama.Sedangkan tekstur semu adalah hasil karyanya dilihat dan di taba tidak sama.

  4 prinsip prinsip seni rupa dan penjelasan

1. Gradasi
Gradasi adalah susunan warna yang didasari pada tingkatan tertentu pada sebuah karya seni. Di antara prinsip prinsip seni rupa, gradasi merupakan prinsip yang paling sering diterapkan dalam pembuatan mozaik, karikatur, lukisan, dan seni rupa 2 dimensi lainnya. Gradasi akan membuat sebuah karya menjadi lebih hidup.
2. Kesebandingan
Kesebandingan atau proporsi adalah prinsip seni rupa yang mengacu pada keteraturan dan penyesuaian dari wujud karya seni rupa yang diciptakan. Sebagai contoh, ketika hendak membuat lukisan manusia, pelukis harus pandai menyesuaikan ukuran antara mata, hidung, mulut, alis, dagu dan bagian tubuh lainnya agar selaras. Begitu pun dalam proses pembuatan karikatur. Ukuran-ukuran dari unsur seni rupa yang terdapat di dalamnya harus berada dalam perbandingan yang proporsional. 
3. Komposisi
Di antara prinsip prinsip seni rupa yang lain, komposisi menjadi prinsip yang paling penting dalam mendasari keindahan dari sebuah karya seni. Komposisi sendiri merupakan organisasi dari unsur-unsur seni rupa yang disusun menjadi teratur, serasi, dan menarik. 
4. Keseimbangan
Dan prinsip yang terakhir adalah keseimbangan atau balance. Keseimbangan adalah prinsip yang bertanggung jawab pada kesan dari suatu susunan unsur-unsur seni rupa. Unsur-unsur seni rupa yang diatur sedemikian rupa melalui prinsip kesemibangan akan menjadi daya tarik bagi para penikmat karya seni.Demikin materi yang ibu sampaikan hari ini hanya mengingatkan kembali bahwa prisip,unsur,komposisi sangat penting dalam menggambar.  

D. Teknik Menggambar Ragam Hias

Gambar ragam hias sangat bervariatif, ada yang  diambil dari flora, fauna, manusia, dan  bentuk-bentuk geometris. Bentuk gambar  ragam hias, dapat berupa pengulangan maupun sulur-suluran. Pada saat  kamu  ingin  menggambar ragam  hias  ada  beberapa aturan  yang harus diperhatikan, sebagai  berikut:

1)   Perhatikan  pola  bentuk  ragam  hias  yang akan digambar.

2)   Persiapkan alat dan media gambar.

3)   Tentukan ukuran  pola  gambar  yang  akan dibuat.

4)   Buat sketsa di salah satu kotak/bidang yang telah dibuat sebelumnya.

5)   Buat bentuk yang sama (bisa dijiplak) pada bidang yang lain.

6)   Mewarnai gambar

1.   Menggambar Ragam Hias Flora (Vegetal)    

Ragam  hias  flora dapat kamu  lihat  di berbagai  macam benda atau barang. Gambar ragam hias flora memiliki bentuk  dan pola yang beraneka ragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki ragam hias flora dengan ciri khasnya masing-masing. Kamu sekarang bisa menggambar ragam hias dengan mudah. Kamu bisa menggunakan pola pengulangan maupun sulur-suluran

Ragam hias dapat diambil dari objek daun tunggal yang kemudian bisa stilasi sesuai dengan imajinasi dan kreativitasmu. Menggambar objek daun tunggal dapat dilakukan dengan beberapa tahapan sebagai stilasi dari Gambar 2.11

      Sebaga Stilasi dari ganbar 2.11

2.   Menggambar Ragam Hias Fauna

Bentuk ragam hias fauna memiliki keindahan dan keunikan yang  sama dengan ragam hias flora. Jenis fauna yang biasa diambil sebagai objek gambar ragam  hias, yaitu burung, gajah,  cicak, ikan, dan ayam. Ragam hias fauna  bisa digabung  dengan ragam  hias  flora  atau hanya   sejenis  saja.

Beberapa tahapan dalam  menggambar ragam hias fauna sebagai  berikut:

1)   Tentukan jenis fauna yang akan dibuat gambar ragam hiasnya.

2)   Buatlah pola gambar  ragam hiasnya.

3)   Berilah warna pada  hasil gambar  ragam hiasnya.

 3. Menggambar Ragam Hias Geometris

Hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk dalam geometri, misalnya segitiga, segi empat dan lingkaran. Penggunaan motif geometris dapat  dijumpai di berbagai daerah di Indonesia seperti  Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Ragam hias geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk  geometris

 

4.   Menggambar Ragam Hias Manusia (Figuratif)

Motif hias figuratif menggunakan motif manusia yang digambar dengan penggayaan tertentu. Motif hias ini misalnya digunakan  pada karya tekstil maupun karya kayu, yang dibuat dengan teknik menggambar atau mengukir. Motif manusia  misalnya ditemukan  di Jawa, Bali, dan Papua












47 komentar:

  1. Assalamualaikum Bu
    Nama Denis keandra Hermawan
    Kelas 7A
    Hadir

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Nama: Al-faiz Bintang Akbar Ramadhan
    Kelas:7c
    Ket: hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum buk
    Nama : albhi zafaran
    Kelas: 7D
    Ket. : Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum bu
    Nama : Dimas aji wicaksono
    Kelas: 7D
    Ket. : Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum bu
    Nama were fadhil a
    Kelas 7C
    Ket hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum nama saya Muhammad agung pratama dari kelas 7c

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum bu
    Nama were fadhil a
    Kelas 7C
    Ket hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum
    Nama saya M.Arkhan CF
    Kelas 7C
    Keterangan hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum bu
    Nama saya Rehan randika
    Kelas 7A
    Keterangan hadir

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya Khalista Sheila Lathifah.
    Dari kelas VII C.
    Hari/Tanggal: Selasa/01.09.2020
    Terimakasih bu atas materinya🙏🏻.

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum
    Nama:ivania islami khairunnisa
    Kelas:7A
    Keterangan:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Nama:Rasya Dirsa Tazani
    Kelas:7.D
    Ket:Hadir
    Hari/tanggal: selasa,01 sept 2020

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum bu
    Nama :Sabina laiqa derina
    Kelas:7D
    Ket :Hadir
    Hari/tangal: selasa/01 sept 2020
    Terima kasih atas materinya bu

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum Bu
    -Zahra Rahmadani
    Kls:7d
    Terimakasih Bu atas materi nya
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama : Azarine Elfrida Shakila
    Kelas : 7C
    Hari/tgl : selasa, 1 september 2020
    Keterangan: Hadir
    Terima kasih ibu atas materi dan tugasnya akan saya kerjakan
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama : Azarine Elvina Alesha
    Kelas : 7C
    Hari/tgl : selasa, 1 september 2020
    Keterangan: Hadir
    Terima kasih ibu atas materi dan tugasnya akan saya kerjakan
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum, nama saya Fathiyah Zahra dari kelas 7C
    Keterangan : Hadir
    Hari/tanggal : Selasa, 1-9-2020
    Terima kasih

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum
    Nama :clarysta nur athifa
    Kelas:7A
    Hari/tanggal:Selasa,1 September 2020

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum
    Nama:keisha fardema
    Kelas:7c
    Hadir..

    BalasHapus
  20. Asslamualaikum
    Nama:Delvani puspita sari
    kelas:7D
    Hari/Tanggal:selasa..1-9-2020

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum bu
    Nama saya Fachri Al Puraka
    Kelas 7C
    Keterangan hadir

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum bu
    Nama: Kheysha Dwi Anggraini
    Kelas 7d
    Ket hadir

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum nama saya arya dari kelas 4d
    Keterangan:hadir :)

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum
    Nama : Marcello Radita Wijaya
    Kelas: 7A
    Hari /tanggal: Selasa/1 september 2020
    Ket:Hadir

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum bu
    Nama :Rahma kaila fitriansah.
    Kelas : 7d

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum bu
    Nama : M.Arsya Bintang Pratama
    kelas : 7D
    Ket : Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum
    Nama:Razan Naufal Rafif
    Kelas: 7A
    Ket:Hadir

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. assalamuakaikum saya maureen qanita setiawan 7c hadir
    Tanggal 01 09 2020

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum
    Nama: Nadia Saputri
    Kelas: 7A
    Ket:Hadir

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum Bu
    Nama intan azzahwa
    Kelas 7D

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum bu
    Nama:Kenny marcel susanto
    Kelas:7D
    Ket:hadir

    BalasHapus
  33. Assalamuakaikum ibu
    Nama chelsy azzahra zahira
    Kelas 7C
    Ket : Hadir

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum bu
    Nama : Bilqis Zahra sagita
    Kelas : 7A
    Hadirr

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum
    nama: M. Rafi Islami Indrawan
    kelas:7D
    ket:Hadir
    terimakasih pak materinya

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum
    Nama:ivania islami khairunnisa
    Kelas:7A
    Keterangan:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum
    Nama:aprilia Windra Bekti
    Kelas:7C
    Keterangan:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nana :Kayla Assyfa Listhon
    Kelas:VIIC.
    Hari/Tanggal: Selasa/01 September 2020
    Terimakasih bu atas materinya🙏🏻.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum
    Nama: al-baaqiy Raihan zakya
    Kls:7a
    Hadir

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum
    Nama : Gescha Rifki Jeynabil
    Kelas : 7c
    Keterangan : hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  41. Assalamu'alaikum bu
    Nama : Muhammad Rafi Daviera
    Kelas: 7D
    Ket. : Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  42. Assalamu'alaikum bu
    Nama : Muhammad Rafi Daviera
    Kelas: 7D
    Ket. : Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum Bu
    Nama: Xavier Radhitya Rusiwa
    Kelas: 7D
    Ket: Hadir
    Terima Kasih

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum Bu
    Nama: Muhammad rasya daviera
    Kelas:7D
    Ket: Hadir
    Terima Kasih atas materinya

    BalasHapus
  45. NAMA ZAQUAN CAHYO ARDIANTO
    KLS 7N

    BalasHapus