Senin, 04 Mei 2020

PESANTREN RAMADHAN 1441 H


SHALAT SUNNAH
Shalat sunnah ( shalat nafilah ) adalah shalat tambahan diluar shalat fardhu, bila dikerjakan akan mendapat pahala tetapi bila ditinggalkan tidak berdosa.  Shalat sunnah terbagi dua yaitu:

1   1.  Shalat sunnah yang dilaksanakan secara berjamaah. Shalat sunnah jenis ini status hukumnya                adalah muakkad, contohnya: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
2   2.  Shalat sunnah yang dikerjakan secara munfarid ( sendiri-sendiri ). Status hukumnya ada                      yang muakkad seperti: shalat sunnah rawatib dan tahajud. Ada pula yang status hukumnya sunnah      biasa ( ghairu muakkad ) seperti: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, dan lain-lain.


Macam shalat sunah adalah :  
1.  Shalat Wudhu, Yaitu shalat sunnah dua rakaat yang bisa dikerjakan setiap selesai wudhu, niatnya :Ushalli sunnatal wudlu-I rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ artinya : ‘aku niat shalat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah  
2.  Shalat Tahiyatul Masjid, yaitu shalat sunnah dua rakaat yang dikerjakan ketika memasuki masjid, sebelum duduk untuk menghormati masjid. Rasulullah bersabda
‘Apabila seseorang diantara kamu masuk masjid, maka janganlah hendak duduk sebelum shalat dua rakaat lebih dahulu’ (H.R. Bukhari dan Muslim). Niatnya :
Ushalli sunnatal Tahiyatul Masjidi  rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat karena Allah
3.   Shalat Dhuha. Adalah shalat sunnah yang dikerjakan ketika matahari baru naik. Jumlah rakaatnya minimal 2 maksimal 12. Dari Anas berkata Rasulullah ‘Barang siapa shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana disurga’ (H.R. Tarmiji dan Abu Majah). Niatnya :
Ushalli sunnatal Dhuha rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat karena Allah
 4.   Shalat Rawatib. Adalah shalat sunnah yang dikerjakan mengiringi shalat fardhu. Niatnya :
a.   Qabliyah, adalah shalat sunnah rawatib yang dikerjakan sebelum shalat wajib. Waktunya : 2 rakaat sebelum shalat subuh, 2 rakaat sebelum shalat Dzuhur, 2 atau 4 rakaat sebelum shalat Ashar, dan 2 rakaat sebelum shalat Isya’. Niatnya:
‘Ushalli sunnatadh Dzuhri*  rak’ataini Qibliyyatan lillahi Ta’aalaa’ Artinya: ‘aku niat shalat sunnah sebelum dzuhur dua rakaat karena Allah
       * bisa diganti dengan shalat wajib yang akan dikerjakan.
b.   Ba’diyyah, adalah shalat sunnah rawatib yang dikerjakan setelah shalat fardhu. Waktunya : 2 atau 4 rakaat sesudah shalat Dzuhur, 2 rakaat sesudah shalat Magrib dan 2 rakaat sesudah shalat Isya. Niatnya :
Ushalli sunnatadh Dzuhri*  rak’ataini Ba’diyyatan lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah sesudah  dzuhur dua rakaat karena Allah
       * bisa diganti dengan shalat wajib yang akan dikerjakan.
5.  Shalat Tahajud, adalah shalat sunnah pada waktu malam. Sebaiknya lewat tengah malam. Dan setelah tidur. Minimal 2 rakaat maksimal sebatas kemampuan kita. Keutamaan shalat ini, diterangkan dalam Al-Qur’an. ‘Dan pada sebagian malam hari bershalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji’(Q.S. Al Isra : 79 ). Niatnya :
Ushalli sunnatal tahajjudi  rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah tahajjud dua rakaat karena Allah
6.  Shalat Istikharah, adalah shalat sunnah dua rakaat untuk meminta petunjuk yang baik, apabila kita menghadapi dua pilihan, atau ragu dalam mengambil keputusan. Sebaiknya dikerjakan pada 2/3 malam terakhir. Niatnya :
Ushalli sunnatal Istikharah  rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah
7.  Shalat Hajat, adala shalat sunnah dua rakaat untuk memohon agar hajat kita dikabulkan atau diperkenankan oleh Allah SWT. Minimal 2 rakaat maksimal 12 rakaat dengan salam setiap 2 rakaat. Niatnya :
Ushalli sunnatal Haajati  rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah hajat dua rakaat karena Allah
8. Shalat Mutlaq, adalah shalat sunnah tanpa sebab dan tidak ditentukan waktunya, juga tidak dibatasi jumlah rakaatnya. ‘Shalat itu suatu perkara yang baik, banyak atau sedikit’ (Al Hadis). Niatnya :
Ushalli sunnatal rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah
9.   Shalat Taubat, adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah merasa berbuat dosa kepada Allah SWT, agar mendapat ampunan-Nya. Niatnya:
Ushalli sunnatal Taubati  rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah taubat  dua rakaat karena Allah
10. Shalat Tasbih, adalah shalat sunnah yang dianjurkan dikerjakan setiap malam, jika tidak bisa seminggu sekali, atau paling tidak seumur hidup sekali. Shalat ini sebanyak empat rakaat, dengan ketentuan jika dikerjakan pada siang hari cukup dengan satu salam, Jika dikerjakan pada malam hari dengan dua salam. Cara mengerjakannya
      Niat :
 ‘Ushalli sunnatan tasbihi raka’ataini lilllahi ta’aalaa’ artinya ‘aku niat shalat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah
a. Usai membaca surat Al Fatehah membaca tasbih 15 kali.
b. Saat ruku’, usai membaca do’a ruku membaca tasbih 10 kali
c. Saat ‘itidal, usai membaca do’a ‘itidal membaca tasbih 10 kali
d. Saat sujud, usai membaca doa sujud membaca tasbih 10 kali
e. Usai membaa do’a duduk diantara dua sujud membaca tasbi 10 kali.
f. Usai membaca doa sujud kedua membaca tasbih 10 kali.
Jumlah keseluruhan tasbih yang dibaca pada setiap rakaatnya sebanyak 75 kali. Lafadz bacaan tasbih yang dimaksud adalah sebagai berikut :
Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar’ artinya : ‘Maha suci Allah yang Maha Esa. Segala puji bagi Akkah, Dzat yang Maha Agung’.
11. Shalat Tarawih,  adalah shalat sunnah sesudah shalat Isya’pada bulan Ramadhan. Menegenai bilangan rakaatnya disebutkan dalam hadis. ‘Yang dikerjakan oleh Rasulullah saw, baik pada bulan ramadhan atau lainnya tidak lebih dari sebelas rakaat’ (H.R. Bukhari). Dari Jabir ‘Sesungguhnya Nabi saw telah shallat bersama-sama mereka delapan rakaat, kemudian beliau shalat witir.’ (H.R. Ibnu Hiban)
Pada masa khalifah Umar bin Khathtab, shalat tarawih dikerjakan sebanyak 20 rakaat dan hal ini tidak dibantah oleh para sahabat terkenal dan terkemuka. Kemudian pada zaman Umar bin Abdul Aziz bilangannya dijadikan 36 rakaat. Dengan demikian bilangan rakaatnya tidak ditetapkan secara pasti dalam syara’, jadi tergantung pada kemampuan kita masing-masing, asal tidak kurang dari 8 rakaat. Niat shalat tarawih :
Ushalli sunnatan Taraawiihi rak’ataini (Imamam/makmuman) lillahi ta’aallaa’ artinya : ‘Aku niat shalat sunat tarawih dua rakaat (imamam/makmum) karena Allah
12. Shalat Witir, adalah shalat sunnat mu’akad (dianjurkan) yang biasanya dirangkaikan dengan shalat tarawih, Bilangan shalat witir 1, 3, 5, 7 sampai 11 rakaat. Dari Abu Aiyub, berkata Rasulullah ‘Witir itu hak, maka siapa yang suka mengerjakan lima, kerjakanlah. Siapa yang suka mengerjakan tiga, kerjakanlah. Dan siapa yang suka satu maka kerjakanlah’(H.R. Abu Daud dan Nasai). Dari Aisyah : ‘Adalah nabi saw. Shalat sebelas rakaat diantara shalat isya’ dan terbit fajar. Beliau memberi salam setiap dua rakaatdan yang penghabisan satu rakaat’ (H.R. Bukhari dan Muslim)
Ushalli sunnatal witri rak’atan lillahi ta’aalaa’artinya : ‘Aku niat shalat sunnat witir dua rakaat karena Allah
13. Shalat Hari Raya, adalah shalat Idul Fitri pada 1 Syawal dan Idul Adha pada 10 Dzulhijah. Hukumnya sunat Mu’akad (dianjurkan).’Sesungguhnya kami telah memberi engkau (yaa Muhammad) akan kebajikan yang banyak, sebab itu shalatlah engkau dan berqurbanlah karena Tuhanmu ‘ pada Idul Adha – ‘(Q.S. Al Kautsar.1-2)Dari Ibnu Umar ‘Rasulullah, Abu Bakar, Umar pernah melakukan shalat pada dua hari raya sebelum berkhutbah.’(H.R. Jama’ah). Niat Shalat Idul Fitri :
Ushalli sunnatal li’iidil fitri rak’ataini (imamam/makmumam) lillahita’aalaa’ artinya : ‘Aku niat shalat idul fitri dua rakaat (imam/makmum) karena Allah
Niat Shalat Idul Adha :
Ushalli sunnatal li’iidil Adha rak’ataini (imamam/makmumam) lillahita’aalaa’ artinya : ‘Aku niat shalat idul adha dua rakaat (imam/makmum) karena Allah
Waktu shalat hari raya adalah setelah terbit matahari sampai condongnya matahari. Syarat, rukun dan sunnatnya sama seperti shalat yang lainnya. Hanya ditambah beberapa sunnat sebagai berikut:
a.  Berjamaah
b.  Takbir tujuh kali pada rakaat pertama, dan lima kali pada rakat kedua
c.  Mengangkat tangan setinggi bahu pada setiap takbir.
d.  Setelah takbir yang kedua sampai takbir yang terakhir membaca tasbih.
e.  Membaca surat Qaf dirakaat pertama dan surat Al Qomar di rakaat kedua.
Atau surat A’la dirakat pertama dan surat Al Ghasiyah pada rakaat kedua.
f.   Imam menyaringkan bacaannya.
g.  Khutbah dua kali setelah shalat sebagaimana khutbah jum’at
h.  Pada khutbah Idul Fitri memaparkan tentang zakat fitrah dan pada Idul
Adha tentang hukum-hukum Qurban.
i.   Mandi, berhias, memakai pakaian sebaik-baiknya.
j.   Makan terlebih dahulu pada shalat Idul Fitri pada Shalat Idul Adha
sebaliknya.
14. Shalat Khusuf, adalah shalat sunat sewaktu terjadi gerhana bulan atau matahari. Minimal dua rakaat. Caranya mengerjakannya :
a. Shalat dua rakaat dengan 4 kali ruku’ yaitu pada rakaat pertama, setelah ruku’ dan I’tidal membaca fatihah lagi kemudian ruku’ dan I’tidal kembali setelah itu sujud sebagaimana biasa. Begitu pula pada rakaat kedua.
b. Disunatkan membaca surat yang panjang, sedang membacanya pada waktu gerhana bulan harus nyaring sedangkan pada gerhana matahari sebaliknya.
Niat shalat gerhana bulan :
Ushalli sunnatal khusuufi rak’ataini  lillahita’aalaa’ artinya : ‘Aku niat shalat gerhana bulan  dua rakaat  karena Allah
15. Shalat Istiqa’,adalah shalat sunat yang dikerjakan untuk memohon hujan kepada Allah SWT. Niatnya ‘
Ushalli sunnatal Istisqaa-I  rak’ataini (imamam/makmumam) lillahita’aalaa’ artinya : ‘Aku niat shalat istisqaa dua rakaat (imam/makmum) karena Allah’
Syarat-syarat mengerjakana Shalat Istisqa :
a.  Tiga hari sebelumnya agar ulama memerintahkan umatnya bertaobat dengan berpusa dan meninggalkan segala kedzaliman serta menganjurkan beramal shaleh. Sebab menumpuknya dosa itu mengakibatkan hilangnya rejeki dan datangnya murka Allah. ‘Apabila kami hendak membinasakan suatu negeri, maka lebih dulu kami perbanyak orang-orang yang fasik, sebab kefasikannyalah mereka disiksa, lalu kami robohkan (hancurkan) negeri mereka sehancur-hancurnya’(Q.S. Al Isra’ : 16).
b.  Pada hari keempat semua penduduk termasuk yang lemah dianjurkan pergi kelapangan dengan pakaian sederana dan tanpa wangi-wangian untuk shalat Istisqa’
c.  Usai shalat diadakan khutbah dua kali. Pada khutbah pertama hendaknya membaca istigfar 9 X dan pada khutbah kedua 7 X.
Pelaksanaan khutbah istisqa berbeda dengan khutbah lainnya, yaitu :
a.  Khatib disunatkan memakai selendang.
b.  Isi khutbah menganjurkan banyak beristigfar, dan berkeyakinan bahwa Allah SWT akan mengabulkan permintaan mereka.
c.  Saat berdo’a hendaknya mengangkat tangan setinggi-tingginya.
Saat berdo’a pada khutbah kedua, khatib hendaknya menghadap kiblat membelakangi makmumnya


PERTAYAAN:

1. Shalat sunnah apa saja yang dilaksanakan       secara berjamaah maupun sendiri-sendiri?

101 komentar:

  1. Oke Bu terima kasih
    -akbar 8a

    BalasHapus
  2. Ok bu terimakasih
    -ikhsan 8a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikhsan 8a
      JAWAB :
      Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
      Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. terimakasih bu
    Amanda Shafa T 8C

    BalasHapus
  4. Ok bu terima kasih
    ~Attardika l. 8A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban:
      Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
      Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.

      Hapus
  5. Ok bu, Terima Kasih
    - Daffa 8A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
      Munfarid: shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat Tasbih, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-Sebagainya.

      Hapus
  6. OK bu terima kasih
    Nabila putri 8a

    BalasHapus
  7. Jawab:
    Berjamaah:idul fitri,idul adha,terawih,istisqa,dan khusuf.
    Munfarid:tahyatul masjid,hajat,mutlak,tasbih,rawatib, wudhu,dan lain-lain
    -Vika 8A

    BalasHapus
  8. Sholat Hari Raya idul fitri
    Sholat Hari Raya idul Adha
    Sholat kusuf Atau Gerhana
    Sholat tarawih
    Sholat tahajud
    Sholat witir
    Sholat dhuha
    Sholat istikhrah
    Nama:Raihan Pahlevi
    Kelas: VII D

    BalasHapus
  9. shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.
    Tambahan
    Nama:Raihan Pahlevi
    Kelas:VII D

    BalasHapus
  10. shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.
    Tambahan
    Raihan Pahlevi
    Kelas:VII D

    BalasHapus
  11. Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat Tasbih, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-Sebagainya.

    Aqila nuraziza 8a

    BalasHapus
  12. Nama : M.zaky.fathurrahman
    Kls : 8a

    Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf. Sendiri : shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat Tasbih, salat wudhu ,salat rawatib,

    BalasHapus
  13. —thabitha 8a
    Jawab:
    Berjamaah: sholat Idul fitri, sholat Idul adha, sholat kusuf(gerhana matahari, sholat khusuf(gerhana bulan), sholat Istisqa(meminta hujan)
    Munfarid: sholat rawatib, sholat tahiyatul masjid, sholat istikharah, sholat taubat, sholat hajat

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Salat sunah yang dilakukan jamaah shalat idul fitri,terawih,idul adha,istisqa dan khusus

      Shalat sunah yang dilakukan sendiri sendiri
      Shalat tahiyatul masjid,shalat duha,shalat witir, shalat sunah rawatib dan tahajud
      Nama:Danu aji kusuma
      Kelas:7f

      Hapus
  15. Sholat sunnah yg dilakukan jamaah:
    shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf

    Sholat sunnah yg dilakukan sendiri sendiri:
    shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witirshalat sunnah rawatib dan tahajud

    Nama:Azman Fathary B
    Kelas:7F

    BalasHapus
  16. •Nashwa qayla 8a
    —jawaban:
    Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan sebagainya
    -terima kasih materinya bu:)

    BalasHapus
  17. Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.
    Nama:M.Dafa setiawan
    Kelas:VII F

    BalasHapus
  18. -alina naurah s.h 8a
    Jawab:
    Berjamaah:shalat idul fitri,shalat idul adha,shalat tarawih, shalat khusuf,shalat istisqa

    Munfarid:sholat rawatib, sholat tahiyatul masjid, sholat istikharah, sholat taubat, sholat hajat


    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  19. Sholat sunnah yg di kerjakan secara berjamaah :
    Sholat idul fitri,sholat idul adha,sholat tarawih,kusuf,khusuf

    Munfarid : sholat dhuha,sholat rawatib,sholat wudhu,sholat tahajjud,sholat hajat

    Terimakasih atas materinya Bu
    -Nabilla 8C

    BalasHapus
  20. Nama:Sultan Zacky a.h
    Kelas:VIID (7D)
    Jawab:
    Berjamaah:Sholat idul Fitri,sholat idul adha,sholat kusuf/gerhana,sholat tarawih,shalat istiqa.
    Munfarid/sendiri:sholat rawatib,sholat istikharah,sholat tahiyatul masjid,sholat hajad.

    BalasHapus
  21. Shalat Hari Raya 'Idul Fitri
    2. Shalat Hari Raya 'Idul Adha
    3. Shalat Kusuf atau Gerhana (Gerhana Bulan atau Gerhana Matahari)
    4. Shalat Tarawih
    Shalat Tahajjud
    6. Shalat Witir
    7. Shalat Dhuha
    Shalat IstikharahIstikharah

    ~Gammma Bramulya arhaburrizqi 7F

    BalasHapus
  22. Jawaban:
    Shalat sunnah berjamaah:shalat idul fitri,shalat idul adha,tarawih,sholat kusuf,shalat istiqa'.
    Munfarid:shalat hajat,shalat rawatib,shalat tahiyatul masjid,shalat dhuha,shalat witir,shalat tahajid,shalat tasbih,shalat istikharah.
    -alifia sabrina 7d

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Rasya Indi r.
    8c
    Jawaban
    -sholat Sunnah yang dilakukan secara berjamaah adalah sholat tarawih, sholat idul adha, sholat idul Fitri,sholat kusuf dan sholat istisqa.
    -sholat munfarid yaitu sholat tahiyatul masjid, sholat Dhuha,sholat istikharah,sholat witir,rawatib.

    BalasHapus
  25. - sholat hari raya idul fitri
    - sholat hari raya idul adha
    - sholat kusuf atau gerhana
    - sholat terawih
    - sholat tahajud
    - sholat witir
    - sholat dhuhadhuha
    - sholat istikhrah
    NamaNama : fayi gusri kirana
    Kelas : 7D

    BalasHapus

  26. Berjamaah:Sholat idul Fitri,sholat idul adha,sholat kusuf/gerhana,sholat tarawih,shalat istiqa.
    Munfarid/sendiri:sholat rawatib,sholat istikharah,sholat tahiyatul masjid,sholat hajad.
    -Rizky dion 7f

    BalasHapus
  27. Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.

    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat Tasbih, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-Sebagainya.

    -daranatasya 8a

    BalasHapus
  28. Elifa dewi b. 7d

    Sholat sunah berjamaah:sholat idhul fitri, sholat idul adha, sholat tarawih,sholat istiqoq

    Sholat munfarid:sholat hajat,sholat dhuha, sholat witir, sholat tasbih

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. Azra 8A.
      Jawaban :
      Shalat Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
      Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.

      Hapus
  30. : shalat sunnah berjamaah:
    Shalat idul fitri, shalat idul adha,shalat tarawih, kusuf, shalat istisqa`
    Shalat munfarid: shalat hajad, shalat rawatib, shalat tahiyatul masjid, shalat duha, shalat witir, shalat istikharoh, shalatshalat rawatib,
    —annika nisrina kelas 7f

    BalasHapus
  31. Nama:amanda wahyuni
    Kelas:7d
    Jawab:berjamaah:shalat idulfitri
    Shalat iduladha,shalat kusuf, shalat tarawih,shalat istiqa.

    Munfarid:shalat dhua,shalat istikharah,shalat rawatib,shalat tahajud.

    BalasHapus
  32. Nama : rafi.ahmad.b
    Kls : 8c

    Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Sendiri : shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat Tasbih, salat wudhu ,salat rawatib,

    BalasHapus
  33. Ariel Raditya Andiansyah
    8a

    —jawaban:
    Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.

    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu.

    -Terima Kasih Atas Materinya bu:)

    BalasHapus
  34. Jawaban
    Sholat berjamaah yaitu sholat idul Fitri,idul adha,tarawih dan istisqa,khusus
    sedangkan
    shalat munfarid(sendiri2) yaitu shalat tahiyatul masjid,sholat hajat,sholat rawatib,shalat duha shalat witir
    (Rafly Fadhillah nayri,7f)

    BalasHapus
  35. sholat sunah di kerjakan berjama'ah: sholat idul fitri,sholat idul adha,sholat tarawih,istiqo.sholat sunah di kerjakan sendiri:sholat duha,sholat tahaujud sholat witir sholat tahiyatul masjid.m.faiz seachan.7 d

    BalasHapus
  36. Berjamaah:shalat idul fitri,shalat idul adha,shalat tarawih, shalat khusuf,shalat istisqa

    Munfarid:sholat rawatib, sholat tahiyatul masjid, sholat istikharah, sholat taubat, sholat hajat

    Nabila AN 8A

    BalasHapus
  37. Nama Abizar Yusuf A
    Kelas 7f
    Jawab -berjamaah-Idul fitri
    -tarawih
    -kusuf
    -idul adha
    -Munfarid-Istikharah
    -tahajud
    -rawatib

    BalasHapus
  38. Nama : Nabila putri
    Kelas:8a

    Jawaban:
    Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.

    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat Tasbih, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-Sebagainya.

    BalasHapus
  39. shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat Tasbih, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-Sebagainya.

    Raissa Aulia 8A

    BalasHapus
  40. Berjamaah: sholat idul fitri,sholat idul adha,sholat terawih,sholat istiqa dan khusuf

    Sholat munfarid:shalat tahiyatul masjid,shalat dhuha,sholat rawatib,sholat tahajud,sholat istikharah,sholat hajat,sholat witir,sholat tasbih dan lain sebagainya

    -atika ghaisani 7D

    BalasHapus
  41. Nama:m Aksel idris
    Kelas:VIID (7D)
    Jawab:
    Berjamaah:Sholat idul Fitri,sholat idul adha,sholat kusuf/gerhana,sholat tarawih,shalat istiqa.
    Munfarid/sendiri:sholat rawatib,sholat istikharah,sholat tahiyatul masjid,sholat hajad.

    BalasHapus
  42. Sasta Humayra 8c
    Jawabannya :
    Shalat Sunah Berjamaah : Shalat Idain (Shalat Idul Fitri dan Idul Adha), Shalat Istisqa’, Shalat Kusuf (Gerhana Matahari) dan Khusuf (gerhana Bulan)

    Shalat Sunah dengan berjamaah atau munfarid : Shalat Tarawih, Shalat Witir, Shalat Dhuha, Shalat Tahajud

    Shalat Sunah Munfarid : Shalat Rawatib, Shalat Tahiyatul Masjid, Shalat Istikharah – Shalat Tasbih, Shalat Hajat

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Khezya Zaviera Ayunda kelas 7 F
    JAWAB :
    Sholat Sunnah yang dapat dikerjakan Berjamaah dan sendiri adalah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.
    khezya zaviera 7f hadir

    BalasHapus
  45. Jawaban :
    Berjamaah :Tarawih,khusuf,shalat idul fitri,shalat istiqa',idul adha
    Munfarid/Sendiri : shalat rawatib,shalat hajad,shalat tahiyatul masjid,shalat witir,shalat tahajud,shalat istikharah,sholat duha

    -anggi anggraini 7d

    BalasHapus
  46. Oke buk terima kasih

    -dhiki 8a

    Untuk jawaban pertanyaan :

    1. Shalat yg di lakukan dengan berjamaah
    -Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf

    2. Shalat yg di lakukan secara munfarid :
    -shalat rawatib,shalat hajad,shalat tahiyatul masjid,shalat witir,shalat tahajud,shalat istikharah,sholat duha

    Terima kasih buk

    BalasHapus
  47. nama :Anisa putri
    Kelas : 7D
    Jawaban :
    Berjamaah :Tarawih,khusuf,shalat idul fitri,shalat istiqa',idul adha.

    Munfarid/Sendiri : shalat rawatib,shalat hajad,shalat tahiyatul masjid,shalat witir,shalat tahajud,shalat istikharah,sholat duha.

    BalasHapus
  48. Wahyu Tri Fadhilah
    8a

    —berjamaah:sholat idul fitri,sholat idul adha,sholat terawih,sholat istisqa,sholat khusuf,dan sholat kusuf

    —munfarid:sholat tahajud,sholat wudhu,sholat rawatib,sholat witir,sholat dhuha

    BalasHapus
  49. Jawab:
    Sholat berjamaah:terawih,sholat hari raya,istiqa,khusuf


    Munfarid:sholat tahiyatul masjid,sholat hajad,sholat mutlaq,sholat wudhu,sholat rawatib,sholat taubat


    -dera aulia athani 7d

    BalasHapus
  50. Wijayanti lestari
    7d


    Berjamaah: sholat istiqa', solat idul adha, sholat idul Fitri, sholat taraweh, sholat khusuf, dan sholat khusuf

    Munfarid: sholat tahajud, sholat Dhuha, sholat tahiyatul masjid, sholat istikharah, sholat Sunnah rawatib
    Terimakasih

    BalasHapus
  51. Nama : raisyah kamila putri
    Kelas : 7D

    Berjamaah :Tarawih,khusuf,shalat idul fitri,shalat istiqa',idul adha.

    Munfarid/Sendiri : shalat rawatib,shalat hajad,shalat tahiyatul masjid,shalat witir,shalat tahajud,shalat istikharah,sholat duha.

    BalasHapus
  52. Nama : saskia salsabila 8C

    Shalat Sunah Berjamaah : Shalat Idain (Shalat Idul Fitri dan Idul Adha), Shalat Istisqa’, Shalat Kusuf (Gerhana Matahari) dan Khusuf (gerhana Bulan)

    Shalat Sunah dengan berjamaah atau munfarid : Shalat Tarawih, Shalat Witir, Shalat Dhuha, Shalat Tahajud

    Shalat Sunah Munfarid : Shalat Rawatib, Shalat Tahiyatul Masjid, Shalat Istikharah – Shalat Tasbih, Shalat Hajat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Rafeifa Alya
      Kelas:VIII/A

      →Jawaban:

      >Shalat Sunnah berjamaah:-Shalat Idain(shalat idul Fitri &shalat idul adha)
      -Shalat Istisqa'
      -Shalat Kusuf (Gerhana matahari)
      -Shalat Khusuf(Gerhana bulan)

      >Shalat Sunnah munfarid:-Shalat Rawatib
      -Shalat Tahiyatul masjid
      -Shalat Istikharah
      -Shalat Tasbih
      -Shalat hajat

      Hapus
  53. Sholat sunnah (jamaah):
    terawih, shalat idul fitri,shalat khusuf,shalat istisqa,shalat idul fitri.

    Sholat sunnah (munfarid):
    shalat witirshalat sunnah,shalat tahiyatul masjid,shalat rawatib,shalat duha,shalat tahajud.

    Nama:Arissa Syafina
    Kelas:7F

    BalasHapus
  54. Nama : Desty Auliya Utami
    Kelas : VII D

    1.Berjamaah : shalat idul Fitri, shalat idul Adha,shalat tarawih,shalat istisqa,dan shalat khusus
    2.Munfarid : shalat tahiyatul masjid,shalat dhuha,shalat witir,shalat rawatib,shalat wudhu,dll

    BalasHapus
  55. Nama : Lala Kauria Evendi
    Kelas : VIII A

    - sholat sunnah berjamaah
    1. Sholat idul fitri
    2. Sholat idul adha
    3. Sholat kusuf
    4. Sholat tarawih
    5. Sholat witir

    - sholat sunnah munfarid
    1. Sholat dhuha
    2. Sholat istikhoroh
    3. Sholat taubat
    4. Sholat tahiyyatul masjid
    5. Sholat sunnah rawatib

    BalasHapus
  56. Terima kasih bu
    -ridho tri islando 7d

    BalasHapus
  57. Ok bu terima kasih
    -firza8a

    BalasHapus
    Balasan
    1. JAWAB :
      Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
      Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.

      -firza8a

      Hapus
  58. asyrafil 7f
    sholat sunnah berjamaah=sholat idul fitri,idul adha,tarawih, sholat khusuf,sholat witir,sholat istiqa

    sholat sunnah munfarid=sholat tahajud,sholat dhuha,sholat wudhu,sholat taubat,sholat istikhoroh,sholat tahiyyatul masjid,sholat rawatib

    BalasHapus
  59. Jawaban:
    Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.

    - vallerie 7D

    BalasHapus
  60. Nama : Muhammad tri zaeri
    Kls : 8c

    Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Sendiri : shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat Tasbih, salat wudhu ,salat rawatib,

    BalasHapus
  61. Nama :m.reza rifansyah
    Kelas:8c
    Shalat Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.

    BalasHapus
  62. Berjamaah:shalat idul fitri,shalat idul adha,shalat tarawih, shalat khusuf,shalat istisqa

    Munfarid:sholat rawatib, sholat tahiyatul masjid, sholat istikharah, sholat taubat, sholat hajat

    Faiz daka w 8c

    BalasHapus
  63. Munfarid : solat tahiyatul masjid, solat taubat, solat hajat, sholat rawat,solat istikharah

    Berjamaah : solat tarawih, solat khusuf, solat idul fitri, solat idul adha, shalat istiqa

    Aleya syamadha 8c

    BalasHapus
  64. Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-lain.

    M DAVIE 7F

    BalasHapus
  65. Nama: Muhammad satria Fadhil
    Kelas:7D
    Jawaban:
    Berjamaah:sholat idul Fitri,shalat idul Adha,sholat khusuk,shalat istisqa, shalat tarawih

    Munfarid:shalat istikharah,shalat tahiyatul masjid,shalat rawatib,shalat tahajud,shalat hajad

    BalasHapus
  66. Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih,dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat, shalat rawatib, dan lain-Sebagainya.
    Nama:Muhammad Rafli
    kelas:7f

    BalasHapus
  67. Winda Listiani7F hadir Bu...
    Jawaban:
    *Shalat Sunnah berjamaah:
    -Shalat 'Idain.
    -Shalat Tarawih.
    -Shalat Witir
    -Shalat Istisqa' (Shalat minta hujan)
    -shalat gerhana matahari(kusuf) & shalat gerhana bulan (khusuf)
    *Shalat Sunnah munfarid:
    -shalat tahiyatul masjid.
    -shalat istikharah.
    -shalat duha.
    -shalat tahajud.
    -shalat rawatib.

    BalasHapus
  68. M.Radit Ya awang.r hadir bu,
    Jawab:Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, Shalat Hajad, Shalat Mutlak, Shalat Tasbih, shalat rawatib, shalat wudhu, dan lain-Sebagainya.

    BalasHapus
  69. Berjamaah:shalat idul fitri,shalat idul adha,shalat tarawih, shalat khusuf,shalat istisqa.

    Munfarid:sholat rawatib, sholat tahiyatul masjid, sholat istikharah, sholat taubat, sholat hajat.

    Nama : Muhammad Fathi Farhat
    Kelas : 8c

    BalasHapus
  70. Berjamaah: shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf.
    Munfarid: shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witir, shalat rawatib, shalat wudhu,
    Terimakasih Bu atas materinya
    -alfina 8a

    BalasHapus
  71. Berjamaah :
    Shalat idul Fitri
    Shalat idul adha
    Shalat Jumat
    Shalat tarawih
    Shalat istisqa
    Shalat khusuf

    Munfarid :
    Shalat thayatul masjid
    Shalat rawatib
    Shalat witir
    Shalat tahajud
    Dan lain lain

    Nama : Dhea Rachma A.
    Kelas: 8c
    Terimakasih Bu atas materinya

    BalasHapus
  72. Berjamaah: Shalat idul fitri,idul adha,tarawih,istiqa,dan khusuf.

    Munfarid:Shalat tahiyatul masjid,rawatib,dhuha,istikharah.

    Dhea 7G

    BalasHapus
  73. Nama: Nabila Fakhriyah
    Kelas: 7F
    Pelajaran: SBK
    Tanggal/hari:senin 04-05-2020

    >.Shalat berjama'ah:
    ~shalat idul fitri
    ~shalat tarawih
    ~shalat jum'at
    ~shalat idul adha
    ~shalat istiqa
    ~shalat khusuf

    >.shalat munfarid
    ~shalat thaiyatul mesjid
    ~shalat rawatib
    ~shalat dhuha
    ~shalat istikharah

    BalasHapus
  74. Nama:Yoga Dwi Saputra
    Kelas:8C
    Berjamaah:
    -Shalat idul Fitri
    -Shalat idul adha
    -Shalat tarawih
    -Shalat istisqa
    -Shalat khusuf

    Munfarid/sendiri:
    -Shalat thayatul masjid
    -Shalat rawatib
    -Shalat witir
    -Shalat tahajud
    -Shalat whudu
    -Shalat istikharah
    Dll

    BalasHapus
  75. ~Irsyad 7G ,Ok Bu
    S Berjamaah:idul Fitri dan idul adha dll
    Sendiri:Shalat Istikharah ,Shalat Tahajjud dll

    BalasHapus
  76. Nama : Clarisma Hana A
    kelas : 8C

    Jawaban :

    Berjamaah :
    • sholat sunah Idul fitri & adha
    • sholat sunah tarawih
    • sholat sunah istisqa
    • sholat sunah gerhana
    • sholat sunah witir
    Munfarid :
    • sholat sunah tahajjud
    • sholat sunah dhuha
    • sholat sunah taubat
    • sholat sunah istikharah

    ~terimakasih Bu atas materinya

    BalasHapus
  77. NAMA:REFEKA KSATRIA PANATAGAMA
    KELAS:7F

    Jawaban:

    1. Shalat Hari Raya ‘Idul Fitri
    2. Shalat Hari Raya ‘Idul Adha
    3. Shalat Kusuf atau Gerhana
    4. Shalat Tarawih
    5. Shalat Tahajjud
    6. Shalat Witir
    7. Shalat Dhuha
    8. Shalat Istikharah
    9. Shalat Tahiyyatul Masjid
    10. Shalat Sunnah Rawatib

    BalasHapus
  78. Nama:Azzura.R
    Kelas:8A

    BERJAMAAH: Shalat idul Fitri,Idul adha,Tarawih,Istisqa, dan Khusuf

    MUNFARID(Sendiri): Shalat dhuha,Tahiyatul masjid,Witir,Rawatib dan Tahajud dll

    BalasHapus
  79. Nama: Mayviska Rudinawati
    Kelas: VIII A
    Tanggal: 04 Mei 2020
    Mata Pelajaran: Seni Budaya

    Berjamaah:
    -Sholat Idul Fitri
    -Sholat Idul Adha
    -Sholat Kusuf (gerhana matahari)
    -Sholat Khusuf (gerhana bulan)
    -Sholat Istisqa (meminta hujan)
    Munfarid:
    -Sholat Rawatib
    -Sholat Tahiyatul Masjid
    -Sholat Istikharah
    -Sholat Taubat
    -Sholat Hajat

    BalasHapus
  80. Nesia penyimbang putri 7D

    Berjamaah:idul fitri,idul adha,istisqa
    Munfarid:rawatib,tahiyatul masjid, Dhuha witir tahajud.

    BalasHapus
  81. nama:raihan anandra 7c
    kelas:7c
    Berjamaah:idul Fitri dan idul adha dll
    Sendiri:Shalat Istikharah ,Shalat Tahajjud dll

    BalasHapus
  82. Ok bu terimakasih
    -ikhsan 8a

    BalasHapus
  83. Nama : scania
    Kelas:7F
    Jawaban
    Sholat sunnah yg dilakukan jamaah:
    shalat idul fitri, idul adha, terawih, istisqa dan khusuf

    Sholat sunnah yg dilakukan sendiri sendiri:
    shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat witirshalat sunnah rawatib dan tahajud

    BalasHapus