Minggu, 01 September 2019

BERNYANYI SATU SUARA (UNISONO)

1.       Pengertian irama, melodi ,tempo dan dinamik
Irama   : Ketukan kuat lemah
Melodi : Rangkaian nada yang membentuk lagu
Tempo  : Cepat lambatnya lagu
Dinamik : Kuat lemahnya suara
2.       Teknik pembentukan vokal : Artikulasi , Frasering , Pernafasan
1.       Teknik Vokal
a. Artikulasi    adalah    cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
b. Phrasering   adalah   aturan pemenggalan  kalimat  yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
c. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.

3.       Macam – macam teknik Pernafasan : Dada , Perut dan Diafragma
a. Pernapasan Dada
Dilakukan dengan cara mengisi udara dalam paru-paru bagian atas. Pernapasan ini sangat pendek dan tidak cocok digunakan dalam vokal. Dalam pernapasan dada, bagian tubuh yang mengembang adalah dada.  jenis pernapasan ini biasa dipakai untuk menghasilkan nada- nada rendah. Namun kelemahannya sang penyanyi akan mudah kehabisan napas sehingga kurang baik dipakai ketika bernyanyi.

b. Pernapasan Perut
Dilakukan dengan cara membuat perut berongga besar sehingga udara luar dapat masuk. Pernapasan ini kurang efektif untuk vokal karena udara dengan cepat dapat keluar sehingga paru-paru menjadi lemah dan cepat letih. Dalam pernapasan perut, bagian tubuh yang mengembang adalah perut. Jenis pernapasan ini dapat menghasilkan suara yang sangat keras. Namun tidak begitu baik digunakan dalambernyanyi.
c. Pernapasan Diafragma
Saat diafragma menegang atau lurus maka rongga dada dan rongga perut menjadi longgar dan volume menjadi bertambah. Volume yang bertambah ini mengakibatkan tekanan berkurang sehingga udara dari luar dapat masuk ke paru-paru dan napas yang dikeluarkan dapat diatur secara sadar oleh diafragma dan otot-otot bagian samping kiri. Pernapasan ini paling cocok untuk bernyanyi karena dapat mengambil napas sebanyak- banyaknya dan mengeluarkan secara perlahan-lahan dan teratur. Dalam pernapasan diafragma udara ditarik sedalam mungkin dan disimpan dalam diafragma. Lalu dikeluarkan secara perlahan sewaktu bernyanyi. Pernapasan ini memungkinkan kita menghasilakan suara murni dengan napas yang panjang.

4.       Partitur lagu-lagu Nasional
Contoh:



5.       Partitur lagu-lagu Daerah
Contoh :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar